Macam-Macam Penyakit Mata

20.17

Dunia info dan tips-macam-macam penyakit mata.Mata merupakan salah satu panca indra kita yang paling penting.Dengan mata kita bisa melihat isi dari dunia ini.Untuk itu,kita harus menjaga kesehatan mata kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit mata yang bisa kapan saja menyerang.Salah satunya dengan memakan makanan yang baik untuk kesehatan mata.Ada berbagai macam penyakit mata yang perlu anda ketahui agar anda bisa mewaspadainya.

Adapun berbagai macam penyakit mata yang perlu anda ketahui seperti:
  • Rabun senja,
    Rabun senja merupakan penyakit mata yang mana penderitanya tidak dapat melihat disaat sore hari saja.Faktor penyebab Rabun senja disebabkan karena penderitanya kekurangan vitamin A.
  • Katarak
    Katarak merupakan penyakit mata yang umumnya terjadi pada orang tua (lanjut usia),lensa mata penderita katarak menjadi terlihat buram karena terjadinya penebalan lensa mata.
  • Buta warna
    Buta warna merupakan penyakit mata yang membuat penderitanya tidak dapat membedakan warna sama sekali.Penderita penyakit mata buta warna hanya dapat melihat warna hitam,abu-abu dan putih saja.Penyakit ini umumnya penyakit turunan dari orang tuanya.
  • Degenerasi Makula,
    Degenerasi Makula merupakan penyakit mata yang penderitanya akan mengalami gangguan penglihatan fungsionalnya karena bagian dari retina yang berfungsi mengatur pandangan terganggu (bermasalah) dan kemungkinan dapat menyebabkan kebutaan secara permanen bisa menerpanya.Faktor penyebab degenerasi makula seperti; usia lanjut,diabetes,pecandu roko,hipertensi
  • Ulkus Kornea
    Ulkus Kornea merupakan penyakit mata yang penderitanya mengalami infeksi di kornea bagian luar.Asal mula dari terjadinya ulkus kornea dikarenakan mata kemasukan (kelilipan) atau mata tertusuk benda asing.Yang akhirnya mata terinfeksi jamur,virus,protozoa dan bakteri seperti stafilokokus, pseudomonas (pneumokukus).Apabila tidak segera ditangani maka infeksi yang terjadi akan menjalar kebagian dalam dan bagian belakang kornea.
  • Blefaritis
    Blefaritis merupakan penyakit mata karena terjadinya peradangan di kelopak mata yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih dari lapisan mata.
  • Trakoma
    Trakoma merupakan penyakit mata yang penderitanya mengalami infeksi pada bagian mata yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis.Adapun gejala yang dialami penderitanya seperti;mata merah,kelenjar getah bening mata serta kornea terlihat keruh,mata sering mengeluarkan kotoran dan kelopak mata bengkak.Trakoma salah satu penyakit mata yang menular.
  • Miopi
    Miopi merupakan penyakit mata yang mana penderitanya tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh.
  • Konjungtivitis
    Konjungtivitis merupakan penyakit mata yang mudah mudah menular. Konjungtivitis disebabkan dari peradangan dan iritasi pada bagian selaput yang melapisi mata.Faktor penyebab dari Konjungtivitis seperti;infeksi virus (bakteri),pemakaian lensa kontak yang tidak steril (tidak/kurang bersih) dalam jangka waktu lama,penderita alergi terhadap debu,asap dan bulu.Konjungtivitis akan berlangsung cukup lama atau bahkan hingga berbulan-bulan.Gejala dari Konjungtivitis seperti;mata berair,mata kemerahan,mata gatal,penglihatan menjadi samar (kabur) serta mata mengeluarkan tai mata (kotoran).
  • Presbiopi
    Presbiopi merupakan penyakit mata yang membuat penderitanya tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh maupun yang jaraknya dekat.(wiki)

Demikianlah info kesehatan yang saya bahas kali ini mengenai macam-macam penyakit mata.Terima kasih.




Posted mayaindra1810

Artikel Terkait

Previous
Next Post »