Masalah kulit pada anak

06.24

 Masalah kulit pada anak umumnya banyak ditemukan.Kulit merupakan bagian luar yang melapisi/menutupi seluruh tubuh.Pada anak dan balita biasanya kulitnya masih sangat sensitif dan rentan terhadap gangguan kesehatan kulit.Jadi sebagai orang tua kita harus selalu memperhatikan kebersihan anak,seperti makanan,pakaiannya proses pencuciannya dan juga cuaca.Selain itu,kita juga harus mengetahui masalah kulit apa yang menyerang anak dan bagaimana cara mengatasinya.

Berikut beberapa Masalah kulit pada anak diantaranya:
1.Eksim
Eksim biasanya ditandai dengan kulit meradang,mengeluarkan cairan dan kulit terlihat melepuh.Eksim terjadi dikarenakan reaksi alergi pada bahan tertentu seperti alergi pada bahan deterjen.Jika anak anda mengalami eksim dan sudah cukup parah sebaiknya  berkonsultasilah dengan dokter anak anda.
2.Biang keringat
Biang keringat biasanya ditandai dengan timbulnya bintik-bintik merah yang terlihat seperti jerawat.Biang keringat umumnya berada dibagian leher,punggung dan kening.Biang keringat menimbulkan rasa gatal yang membuat anak anda menjadi rewel.Penyebab biang keringat dikarenakan cuaca panas,cuaca lembab dan bahan pakaian.
Penanganan biang keringat pada anak maka anda harus menghindarkan cuaca panas,cuaca lembab dan memberikan bedak gatal khusus bayi yang membuat kulitnya selalu kering dan tidak gatal.
3.Seborrhea
Seborrhea ditandai dengan kulit yang terlihat seperti sisik dibagian tubuh tertentu seperti dileher,dada dan kulit kepala.Untuk menanganinya cukup dengan mengoleskan minyak khusus anak secara rutin pada bagian kulit yang mengalami seborrhea.
4.Dermatitis kontak
Dermatitis kontak ditandai dengan munculnya ruam-ruam pada kulit yang membuat gatal disertai rasa panas.Anak yang mengalami dermatitis kontak akan rewel dan selalu menggaruk bagian yang gatal.Penyebab dermatitis kontak oleh deterjen yang tidak cocok dan pakaian yang dikenakan kotor.Apabila anak anda mengalami masalah ini sebaiknya segera konsultasikan kedokter anak anda.

Demikian dunia info dan tips berbagi info kesehatan tentang Masalah kulit pada anak.Terima kasih atas kunjungannya di blog ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »