Info cara memperbaiki akte kelahiran yang salah pengetikan huruf atau angka

21.50
Info cara memperbaiki akte kelahiran yang salah pengetikan huruf atau angka
Dunia info dan tips berbagi info mengenai Cara Memperbaiki Akte Kelahiran yang salah pengetikan huruf atau angka.Buat anda yang mengalami masalah ini semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat tentang bagaimana cara memperbaiki akte kelahiran anda atau anak anda yang salah dalam pengetikan huruf atau angka.Anda pasti sudah banyak mengetahui betapa pentingnya sebuah akte kelahiran?

Akte kelahiran merupakan sebuah identitas pengenal kita selain Kartu tanda penduduk (KTP).Hal ini membuat/menjadikan sebuah akte kelahiran berarti sangat penting.Tapi bagaimana apabila akte kelahiran yang telah selesai dibuat terjadi sebuah kesalahan saat pengetikan oleh petugas pencatatan sipil,seperti kesalahan satu huruf pada saat pengetikan nama atau kesalahan satu angka pada saat pengetikan tanggal/bulan/tahun lahir.Anda pasti bertanya-tanya dan mencari-cari dari berbagai sumber mengenai info cara memperbaiki akte kelahiran yang salah pengetikan huruf atau angka?

Berikut info cara memperbaiki akte kelahiran yang salah pengetikan huruf atau angka,diantaranya:
  • Apabila kesalahan terjadi pada saat akte kelahiran telah selesai dibuat tetapi belum diserahkan,atau akan diserahkan kepada subjek akta,pembetulan akta atas dasar koreksi dasar dari petugas,wajib diberitahukan kepada subjek akta.
  • Apabila dalam jangka waktu seminggu,akta kelahiran yang dibuat salah atau anda ingin merubah data akta kelahiran yang dibuat,anda bisa memperbaikinya dengan cara datang langsung ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil dengan membawa akta kelahiran asli dan data pendukung untuk mengubahnya.
  • Apabila akta kelahiran yang dibuat salah dan telah bertahun-tahun maka untuk perubahan data di akta kelahiran harus ada penetapan pengadilan,setelah ada penetapan pengadilan maka akta kelahiran yang mau dirubah dibawa kembali ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil asal dengan membawa beberapa persyaratan seperti;foto kopi kartu keluarga,foto kopi kartu tanda penduduk,surat penetapan dari pengadilan,akta kelahiran asli,selanjutnya anda mengisi formulir di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil.
(sumber:dinas kependudukan dan pencatatan sipil)

Demikianlah pembaca dunia info dan tips,posting saya mengenai cara memperbaiki akta kelahiran yang salah pengetikan huruf atau angka ini saya informasikan kepada anda semua.Semoga bermanfaat dan terima kasih telah hadir di dunia info dan tips.Salam sukses.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

16 komentar

Write komentar
Toto timotius
AUTHOR
27 November 2015 pukul 20.14 delete

Berapa lama waktu yang di butuhkan untuk proses perubahan,dari yang salah menjadi benar??

Reply
avatar
mayandra
AUTHOR
28 November 2015 pukul 23.42 delete

Kalau kurun waktunya saya kurang tau juga pak.Tapi Anda bisa tanyakan langsung ke petugas yang bersangkutan (dinas kependudukan) pada saat akan proses perbaikan aktenya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15 Desember 2015 pukul 13.00 delete

Saya mau tanya apakah bisa merubah tgl,bulan dan tahun lahir yang salah tetapi tidak ada bukti lisan kecuali orang tua keluarga dan warga sekampung.. apa bisa merubanya data yg asli saya 24.08.95 sedangkan dokumen2 13.06.92 karena semua dokumen mengikuti ijazah sd yang salah ituh,kesalahan berawal dri guru saya yang asal nebak dan saya dulu tidak mempunyai akte terus saya cuek sama ijazah tidak teliti sampe lulus sma dan sekarang saya sekarang merasa di hantuin dengan data yang salah ituh karena di sini umur saya lebih tua dari kaka saya yg kk saya sendiri 93 saya ingin merubahnya agar ijazah s1saya nanti 95 sesuai data yang sebenarnya tolong infonya ya makasih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15 Desember 2015 pukul 13.05 delete

Apa bisa merubah tgl buln dan tahun lahir ? tetapi tdk ada bukti yang lisan hanya orang tua kerabat dan orng sekampung atau yg mengenal saya waktu lahir.. apa bisa ? ingin merubah karena di sini saya lebih tua 3tahun dari yang aslinya 24.09.95 tetapi semua dokumen 13.06.92 dulu ga terlalu peduli sama ijazah sampe sma baru mau merubahnya tapi kata teman susah dan ribet kalo udah sejauh ini.. tapi saya skrng ingi merubahnya agar ijazah s1 saya nanti menggunakan data yang bener karena di sini saya malah lebih tua dari kk kandung saya ?? apa bisa di rubah.. tolong infonya please

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15 Desember 2015 pukul 13.06 delete

Apa bisa merubah tgl bulan dan tahun yang salah tetapi tidak ada bukti lisan hanya keluarga kerabat orng sekampung dan orng yang tau kelahiran saya tolong infonya

Reply
avatar
mayandra
AUTHOR
15 Desember 2015 pukul 15.55 delete

Untuk masalah yang anda hadapi saya kurang memahami.Saran saya.
Sebaiknya,dari pada anda penasaran dan bertanya-tanya kesana kemari tapi tak menemukan jawaban yang jelas yang justru membuat anda bertambah pusing.Anda bisa kunjungi langsung kantor dinas pencatatan sipil terdekat dengan area tempat tinggal anda.Saya yakin mereka akan dengan senang hati menyambut anda dan membantu mengatasi masalah anda.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 Mei 2016 pukul 07.25 delete

saya daftar akte waktu ada pemutihan tahun 2014 tapi sampe sekarang 2016 akte itu belum jadi juga. ada kesalahan tanggal di ktp saya. mau saya rubah tapi gabisa katanya sudah kekunci di akta. padahal kan saya belom dapet akte nya. saya pengen rubah data saya biar sama dengan ijazah. gimana ya cara rubah nya?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 Mei 2016 pukul 08.05 delete

saya udah punya e-ktp. tapi tanggal lahir nya salah. niat nya mau benerin tapi katanya gabisa gara2 data saya sudah terkunci di akta. padahal saya sama sekali belum dapetin itu akte. emang sih dulu saya pernah ikutan daftar akte waktu pemutihan tahun 2014. saya cari datanya susah bgt. gimana ya caranya benerin?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 Mei 2016 pukul 09.02 delete

saya mau rubah tanggal di ktp sama kk biar sesuai sama ijazah. tapi katanya data saya terkunci di akta. padahal saya Belom punya akta. cuma dulu saya pernah daftar cuma ga jadi2 udah 2 th.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 Juli 2016 pukul 13.48 delete

ke pngadilan ad biayanya g

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 Juli 2016 pukul 13.49 delete

ad biaya g ke pngadilan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14 September 2016 pukul 15.37 delete

Susah... Saya sdh sampai ke pengedailan negeri utk pembetulan tgl lahir di akte kelahiran, sdh hampir 2thn berusaha tp hasilnya masih NOL BESAR

Reply
avatar
12 April 2017 pukul 17.24 delete

Kalau misal kesalahan terletak pada spasi, termasuk fatal atau tidak?
Krn dr sekian artikel yg saya baca, kesalahan hanya terletak pada huruf dan atau angka

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 Agustus 2018 pukul 15.35 delete

hai mbak, anakku juga kesalahan terletak pada spasi, pengen bgt tak benerin karna mempengaruhi arti dan nama panggilan tapi blm tau prosesdurnya gimana

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9 Agustus 2019 pukul 06.52 delete

Maaf saya mau tanya ini saya punya akte tp aktenya hilang dan itupun salah huruf sudah bertaun" tidak di perbaiki dan saya mau buat paspor dan saya kerepotan tolong kasih pendapat bagaimana saya udah sering ke dispenduk katanya syaratnya harus ada buku nikah ortu dan ortu saya sudah cerai dan bukunya hilang semua. Saya sedih bgt merasa bingung apa yg harus saya lakukan

Reply
avatar
manto
AUTHOR
27 Februari 2020 pukul 16.16 delete

saya mau ubah tahun lahir diakta bagai mana caranya karena mau samakan dgn tahun lahir ktp dan kk saya?

Reply
avatar