Cara menanggulangi gangguan nyamuk

23.31

Dunia info dan tips-Cara menanggulangi gangguan nyamuk. Tahukah Anda bahwa nyamuk yang menghisap darah kita adalah Nyamuk betina? Tujuan dari Nyamuk betina menghisap darah bukanlah untuk makanan tetapi untuk mendapatkan protein guna pembentukan telur.Satu gigitan nyamuk bisa berarti maut.Pada hari kesehatan sedunia 7 April 2014, WHO mencanangkan lewat vektor (perantara) nyamuk.Lewat slogannya : gigitan kecil,ancaman besar (small bite:big threat).WHO berkampanye untuk mengetuk kesadaran banyak orang terhadap bahaya nyamuk.Pemberantasan nyamuk juga tidaklah mudah karena nyamuk sangat mudah berkembang biak.Nyamuk juga semakin kebal terhadap pada insektisida yang biasa kita pakai dan cepat berpindah tempat.

Di negara-negara berkembang nyamuk sudah menjadi masalah yang utama yang tata-tata kotanya kurang baik dan juga banyak kawasan kawasan kumuh atau permukiman kumuh.Tapi perlu anda ketahui juga bahwa,nyamuk kini telah menjadi masalah global pada tahun 1960-an penyakit demam berdarah hanya ada di 9 negara,tetapi kini penyakit demam berdarah sudah bisa kita jumpai di 100 negara.Yang berarti,penduduk di dunia ini sangat rentan dengan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.Menurut WHO dalam setahun sebanyak 1 milyar orang terinfeksi demam berdarah dan satu juta orang meninggal dunia akibat penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Di Afrika jenis nyamuk yang berbahaya adalah culek. Yang menjadi penyebab penyakit radang otak atau biasa disebut West nile virus ada juga penyakit demam kuning (yellow fever) yang hingga saat ini belum ada obatnya. Kasus penyakit demam kuning meningkat pesat sejak tahun 1980-an karena penurunan kekebalan tubuh manusia,penggundulan hutan, perubahan iklim dan peningkatan perpindahan manusia.

Di Indonesia penyakit yang mengenai manusia melalui vektor nyamuk.Selain demam berdarah adalah penyakit malaria dan cikungunya.Penyakit malaria ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti yang juga menyebarkan penyakit demam berdarah.Gejala cikungunya ini termasuk demam mendadak yang mencapai 39° celcius,nyeri pada persendian terutama sendi lutut,pergelangan,jari tangan dan kaki serta tulang belakang yang disertai ruam (kumpulan bintik-bintik kemerahan) pada kulit.

Cara menanggulangi gangguan nyamuk:

" cara yang paling Umum dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan melalui gerakan 3M (menguras,menutup dan mengubur sarang nyamuk) dan pengasapan tujuannya untuk memutus mata rantai perkembangbiakan jentik nyamuk"
(sumber:artikel majalah femina)

Demikianlah posting mengenai cara menanggulangi gangguan nyamuk ini saya hadirkan.Semoga bermanfaat dam terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »