4 Tahap Masa Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia

23.09
4 Tahap Masa Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia

4 Tahap Masa Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia - Pastinya anda mengetahui bahwa kita manusia tumbuh dan berkembang dan pastinya anda juga tahu bahwa tumbuh kembangnya dari mulai bayi yang baru dilahirkan hingga menjadi manusia yang lanjut usia.Apakah anda mengetahui apa perbedaan dari tumbuh dan berkembang?

Tumbuh adalah proses dari pertambahan ukuran serta jumlah sel.Yang mana sel yang telah bertambah besar tidak dapat kembali menjadi kecil.Seorang anak yang telah tumbuh menjadi remaja sel-selnya akan mengalami pertumbuhan dan tidak dapat kembali menjadi bayi kembali.
Berkembang adalah proses perubahan organ tubuh serta fungsinya menuju kedewasaan.


4 Tahap Masa Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia

1. Masa Balita
Masa balita yaitu masa anak di bawah usia lima tahun.Pertumbuhan dan perkembangan pada masa balita sangat pesat.Disaat baru dilahirkan ke dunia ini pastinya anda tidak dapat melakukan apa-apa.Disaat itu anda mungkin hanya bisa menangis.

Berikut ini,saya akan jelaskan beberapa perkembangan dan pertumbuhan manusia di masa balita diantaranya
  • Di usia beranjak satu bulan indra pendengaran dan penglihatan mulai berfungsi,disaat itulah balita mulai dapat mendengar suara serta mulai dapat melihat sinar (cahaya).
  • Di usia 5-6 bulan balita mulai bisa tengkurap dengan kepala tegak.
  • Di usia 9-12 bulan balita mulai dapat merangkat dan berdiri.
  • Di usia kira-kira 18 bulan balita mulai dapat berjalan sendiri.
  • Di usia 2-3 tahun balita mulai dapat berbicara dengan kalimat sederhana.
  • Memasuki usia 3 tahun,disaat inilah masa bermain balita.Dimana balita mulai dapat mengungkapkan pikiran.Pengungkapan pikiran dapat berupa gerakan terhadap suatu benda.


2. Masa Remaja
Masyarakat pada umumnya mengenal Masa remaja sebagai masa puber.Perlu anda ketahui,masa puber wanita lebih cepat dibandingkan dengan masa puber pria.Masa puber wanita terjadi di usia 9-13 tahun sedangkan masa puber pria terjadi di usia 10-14 tahun.Pada masa inilah terjadi beberapa perubahan fisik yang sangat terlihat.Antara wanita dengan pria mulai terjadi rasa saling tertarik karena hormon-hormon seksual mulai berfungsi.

3. Masa Dewasa
Masa dewasa terjadi di usia sekitar 20 tahunan.Pada masa ini tidak terjadi perubahan fisik.Namun,pertumbuhan dan perkembangan secara  emosional masih terjadi.Pada masa inilah anda akan mulai berpikir untuk menikah,bekerja untuk masa depan yang lebih baik,memiliki rasa tanggung jawab dan lainnya.

4. Masa Tua ( Lanjut Usia )
Pada masa inilah seseorang akan mulai mengalami penurunan fungsi alat tubuh.Otot-otot mulai melemah,kulit mulai keriput,tulang mulai keropos,gigi tanggal dan datang berbagai penyakit.Umumnya tanda-tanda masa ini datang pada usia 40 tahunan.

Demikianlah ulasan saya mengenai 4 Tahap Masa Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia.Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya di dunia info dan tips.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar