Dua jenis pasar

22:42
Salah satu dari kegiatan ekonomi yaitu pasar.Pengertian secara umum pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli yang mana mereka (penjual dan pembeli) saling bertemu untuk melakukan transaksi jual beli,dipasar berbagai macam barang/produk banyak dijual.Yang akan saya bahas kali ini dua jenis pasar diantaranya jenis pasar berdasarkan keberadaan barangnya dan jenis pasar berdasarkan sifat pasarnya.

Berikut perbedaan dari dua jenis pasar diantaranya:
A.Pasar berdasarkan keberadaan barangnya dibedakan menjadi dua:
  1. Pasar nyata yaitu pasar yang dipenuhi berbagai macam produk yang di pajang oleh penjual untuk menarik perhatian pembeli untuk datang dan membelinya.Di pasar nyata transaksi dilakukan secara langsung oleh penjual dan pembeli.
  2. Pasar tidak nyata yaitu pasar dimana penjualnya hanya menunjukan gambar/foto dari produk yang dijualnya.Jika terjadi penjualan maka penjual menunjukan/membawa barang/produknya ke pembeli.

B.Pasar berdasarkan sifat pasarnya dibedakan menjadi dua diantaranya:
  1. Pasar modern (pasar swalayan) yaitu pasar yang bangunannya permanen,rapi,bersih dan ber-AC.Dipasar modern pembeli melayani sendiri saat mencari barang kebutuhan yang dicarinya dan proses pembayaran dilakukan di kasir pasar swalayan.Tidak ada yang namanya tawar menawar harga karena semua barang yang dijual ada banderol harganya.
  2. Pasar tradisional yaitu pasar yang bangunannya apa adanya,kurang rapi.Dipasar tradisional proses tawar menawar harga dilakukan secara langsung antara penjual dan pembeli.

Demikianlah pembaca dunia info dan tips posting kedua di tahun ini mengenai dua jenis pasar.Terima kasih

Iam blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »