Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

15.34
Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

Dunia info dan tips-Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget.Seorang anak yang kecanduan gadget akan memberikan beberapa efek negatife terhadapnya.Melanjutkan posting sebelumnya mengenai tanda-tanda anak yang kecanduan gadget.Kali ini saya akan berbagi mengenai cara mengatasinya.

Berikut ini cara mengatasi anak yang kecanduan gadget diantaranya:
  • Aturlah waktu/jam bermain dengan gadgetnya secara bertahap.Janganlah melarang anak anda yang kecanduan gadget untuk tidak memainkan gadgetnya sama sekali.Hal ini akan membuat anak anda menjadi sangat marah dan memberontak dari keputusan yang anda ambil.Untuk caranya yakni dengan mengatur waktu/jam bermainnya secara bertahap.Kurangilah jam bermain anak anda dengan gadgetnya;Semisalnya dari 6 jam/hari menjadi 5 jam/hari diminggu pertama.Dari 5 jam/hari menjadi 4 jam/hari di minggu kedua dan seterusnya kurangilah waktu/jam bermainnya di minggu-minggu berikutnya.Berikanlah anak anda batasan maksimal untuk bermain gadget semisalnya dua jam/hari.
  • Berikanlah anak anda hadiah berupa pujian,pelukan,ciuman atau hadiah lainnya.Apabila anak anda berhasil mengatur waktu/jam bermainnya dengan gadget.
  • Sibukan anak anda dengan berbagai aktivitas/permainan yang menarik dan juga mendidik.Berikanlah anak anda mainan yang menjadi alternatif pengganti gadgetnya.Permainan yang bisa melatih ketangkasannya,melatih pola pikirnya dan permainan yang menarik baginya.Permainan tersebut bisa  seperti bermain bola,bermain puzzle,ular tangga,monopoli dan lainnya.
  • Jadikanlah diri anda sebagai teladan bagi anak anda.Janganlah anda memperlihatkan ke asikan anda bermain dengan gadget di depan mata anak anda.Jadikanlah anda menjadi teladan bagi anak anda dan memberitahukan dengan penuh kasih sayang kepadanya bahwa bermain gadget itu ada waktu dan batasannya.
  • Jangan membelikan/memberikan anak anda gadget.Hal ini untuk menghindari anak anda dari masalah kecanduan gadget.Berikan/pinjamkan saja gadget milik anda apabila anak anda ingin memakai gadget.Tapi pinjamkanlah anak anda dengan batasan waktu yang telah anda sepakati dengan anak anda.Dengan demikian anda dapat mengawasi anak anda dengan gadget yang di pakainya dan hal ini bisa menghindari anak anda dari kecanduan gadget.

Demikianlah pembaca dunia info dan tips artikel saya hari ini mengenai cara mengatasi anak yang kecanduan gadget.Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posted mayaindra1810

Artikel Terkait

Previous
Next Post »