Sejarah Sumpah Pemuda

10.02
Sejarah Sumpah Pemuda
image credit kolom unik

Dunia Info dan Tips-Sejarah Sumpah Pemuda.Sumpah Pemuda yaitu janji (ikrar) yang diucapkan oleh para pemuda indonesia pada saat Kongres Pemuda 2 yang tepatnya tanggal 28 Oktober 1928,di masa pergerakan nasional.Pada masa pergerakan nasional bangsa Indonesia masih dalam penjajahan Belanda.Pada masa tersebut belanda berhasil mengadu domba antara daerah yang satu dengan daerah lainnya di nusantara.Politik adu domba belanda tersebut dikenal dengan nama Devide et impera.Belanda menanamkan perpecahan dikalangan tokoh pergerakan nasional dan perjuangan bangsa indonesia pada masa pergerakan nasional.Belanda selalu mengobarkan rasa permusuhan dan saling menghancurkan.Sehingga bangsa Indonesia menjadi lemah,mudah dipengaruhi serta selalu bermusuhan.

Rakyat indonesia mulai memiliki kesadaran untuk bersatu melawan penjajah di tahun 1908.Para pemuda di berbagai wilayah indonesia mulai membentuk organisasi kepemudaan untuk melawan (menentang) penjajahan.Berbagai oganisasi kepemudaan yang terbentuk tersebut mambawa daerah asalnya.Ada beberapa Organisasi kepemudaan bangsa indonesia dari berbagai daerah pada masa tersebut,yang menjadi pelopor dari lahirnya sumpah pemuda.

Berikut beberapa organisasi kepemudaan yang menjadi awal sejarah sumpah pemuda,yang berada di berbagai wilayah nusantra,diantaranya:
1.Trikoro Darmo
Trikoro darmo awalnya merupakan perkumpulan pelajar dari jawa dan madura yang tinggal di batavia.Trikoro darmo mulai berdiri pada 9 maret 1915.Beberapa tokoh berdirinya trikoro darmo seperti;Kadarman,Satiman dan Sunardi.Di tahun 1918 trikoro darmo di ubah namanya menjadi Jong Java.
2.Jong Java
Organisasi ini merupakan kelajutan dari trikoro darmo.Yang berdiri pada tanggal 12 juni 1918 dalam kongresnya di Solo.Trikoro darmo resmi diubah namanya menjadi Jong Java.Adapun tujuan utamanya antara lain; meningkatkan kecerdasan anggotanya dan menanamkan rasa cinta kepada budaya sendiri.
3.Jong Sumatranen Bond
Jong sumatranen bond berdiri pada 9 desember 1917.Organisasi kepemudaan ini dipelopori oleh para pemuda terpelajar dari Sumatra yang berada di Jakarta.Para tokohnya seperti;Mohammad Hatta,Mohammad Yamin,M.Tamsil,Bahder Yohan,Assaat,Abu Hanifah dan lainnya.Tujuan utama dari Organisasi ini antara lain mempererat hubungan pemuda asal sumatra,mencerdaskan anggotanya dan mempelajari budaya sumatra.
4.Jong Ambon
Organisasi kepemudaan Jong Ambon didirikan pada tahun 1918.Tokoh pendirinya seperti;J.Leimena,A.Y Patc,Latuharhary.Tujuan utama dari organisasi kepemudaan Jong Ambon antara lain memajukan kebudayaan,ekonomi serta pendidikan bagi orang ambon.
5.Jong Minahasa
Jong Minahasa didirikan pada 25 april 1919 oleh Ratu Langie.Jong minahasa merupakan kelanjutan dari rukun minahasa yang didrikan oleh pemuda minahasa di semarang pada tahun 1912.Untuk kemajuan dan perkembangannya diubah nama menjadi jong minahasa.
6.Jong Celebes
Didirikan pada tahun 1917 di Batavia.Tujuan utamanya menggalang persatuaan pemuda asal celebes atau sulawesi.
7.Muda Kristen Jawi
Organisasi ini merupakan organisasi keagamaan yang didirikan oleh para pemuda jawa yang beragama kristen.Organisasi ini berdiri pada tahun 1920.Organisasi ini mengubah namanya menjadi perkumpulan pemuda kristen.
8.Jong Islamieiten Bond
Organisasi ini lahir dari induk jong java.Didirikan pada 1 januari 1925 oleh Samsuriyal.Organisasi ini terbuka untuk pemuda muslim yang berusia 14 sampai dengan 30 tahun.

Beberapa organisasi kepemudaan yang terbentuk ingin kemerdekaan untuk negerinya.Maka para pemuda bersatu dengan disepakatinya pertemuan para pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan.Pada 30 april 1926 diadakan kongres pemuda 1 di Jakarta,Kongres tersebut mempunyai tujuan untuk menanamkan semangat kerja antar organisasi kepemudaan dari berbagai wilayah indonesia.Dan kongres pemuda 1 tersebut menjadi dasar bagi persatuan Indonesia.Namun kongres pemuda 1 masih belum berhasil untuk mempersatukan kegiatan pemuda kedalam satu wadah.Tapi kongres tersebut menghasilkan sebuah gagasan persatuan dalam perjuangan untuk kemerdekaan indonesia.
Pada 28 Oktober 1928 diadakanlah kongres pemuda 2 di jakarta.Kongres pemuda 2 berhasil merumuskan sebuab ikrar.Ikrar tersebut dikenal dengan sebutan SUMPAH PEMUDA.

Adapun isi dari sumpah pemuda sebagai berikut:
"Kami poetra dan poetri indonesia mengakoe
Bertoempah darah jang satoe,tanah air indonesia.
Kami poetra dan poetri indonesia mengakoe
Berbangsa jang satoe,bangsa indonesia.
Kami poetra dan poetri indonesia
Mendjoendjoeng bahasa persatuan,bahasa indonesia".

Selain menghasilkan keputusaan yang dikenal dengan sebutan sumpah pemuda.Dalam  kongres pemuda 2 juga menghasilkan keputusan penting lainnya.Keputusan penting yang dihasilkan tersebut diantaranya:
  1. Menerima lagu indonesia raya ciptaan dari W.R.Soepratman sebagai lagu kebangsaan.
  2. Menerima sang merah putih sebagai bendera indonesia.
  3. Meleburnya semua organisasi kepemudaan menjadi satu wadah yang berwatak nasional dalam arti luas dengan nama pemuda indonesia.

Ikrar sumpah pemuda pada 28 oktober 1928 menjadi awal persatuan para pemuda indonesia.Sejak itulah maka setiap tanggal 28 oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda.

Demikianlah posting saya yang membahas mengenai sejarah sumpah pemuda.Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan anda.Terima kasih

Posted via mayaindra1810

Artikel Terkait

Previous
Next Post »