Jarak (rentang waktu) melakukan donor darah

22:43
Apakah anda tau bahwa melakukan donor darah mempunyai manfaat bagi kesehatan?Manfaat donor darah bagi kesehatan diantaranya donor darah dapat membantu memproduksi sel darah merah dan bermanfaat pula bagi organ jantung.Jadi donorkanlah darah anda untuk membantu orang yang membutuhkan darah anda.Tetapi donor darah tidak boleh dilakukan sembarangan atau asal-asalan.Ada jarak (rentang waktu) dalam melakukan donor darah pertama dan donor darah berikutnya.Tau kah anda mengapa harus ada jarak waktu dalam melakukan donor darah?

Sesuai dengan ketentuan yang diterapkan dari tim medis.Dalam melakukan donor darah sebaiknya dilakukan minimal dua bulan atau kira-kira 75 hari,jarak (rentang waktu) melakukan donor darah yang pertama dan donor darah berikutnya.Selain soal jarak (rentang waktu) ada beberapa persyaratan lainnya yang diberlakukan oleh PMI (Palang Merah Indonesia).Persyaratan lainnya sebagai berikut seperti ;

  1. Pendonor darah harus sehat,
  2. Berat badan si pendonor darah minimal 50kg,
  3. Si pendonor darah berumur mulai 17 tahun sampai 60 tahun,
  4. Si pendonor darah yang telah berumur 60 tahun boleh mendonorkan darahnya apabila ia telah rutin melakukan donor darah.
  5. Pada waktu diperiksa tekanan darah dari si pendonor darah  harus mempunyai criteris distolik (100/70 mmHg) dan sistolik (160/100 mmHg),
  6. Si pendonor darah tidak mengkonsumsi obat-obatan dalam jarak lima hari terakhir sebelum ia melakukan donor darah.
  7. Si pendonor darah tidak menderita penyakit seperti;diabetes,HIV,tekanan darah tinggi,tekanan darah rendah dan lainnya.

Setelah semua persyaratan tersebut diatas dipenuhi si pendonor darah dan dinyatakan sehat oleh dokter/petugas medis,maka si pendonor darah siap untuk mendonorkan darahnya.Dokter/petugas transfusi darah pun siap untuk mengambil darahnya sebanyak 350cc.Palang merah indonesia juga mempunyai sebuah alat yang bisa mendeteksi jarak (rentang waktu) sipendonor darah.(sumber:Palang merah indonesia/PMI)

Demikianlah pembaca posting mengenai jarak (rentang waktu) melakukan donor darah ini saya buat,sebagai penambah ilmu anda dibidang kesehatan.Terima kasih dan sampai jumpa lagi di update postingan dari dunia info dan tips.

Iam blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »