Tips menghilangkan kebiasaan menghisap jari pada anak

20.24
 
Melihat anak anda sedang bermain,tertawa,bertingkah lucu dan menggelikan memang hal yang menyenangkan bagi anda sebagai orang tua.Tapi apakah melihat anak anda menghisap jari tangan membuat anda menjadi khawatir??Khawatir karena kebiasaan tersebut akan terbawa hingga anak anda tumbuh besar.
Yang perlu anda perhatikan"Apabila anak anda menghisap jari tangan sampai usia tiga tahun,anda tidak perlu khawatir karena hal itu masih normal.

Yang perlu anda khawatirkan adalah apabila anak anda masih menghisap jari tangan sampai usia lebih dari tiga tahun, dikarenakan pada usia tersebut anak anda akan mulai tumbuh gigi dan apabila kebiasaan menghisap jari tangannya masih berlanjut akan berdampak serius pada pertumbuhan giginya seperti pertumbuhan gigi menjadi tidak rapi dan lainnya".


Seorang anak menghisap jari tangannya adalah reaksi menyesuaikan diri yang dilakukannya secara sadar maupun tidak sadar.Seorang anak menghisap jari tangan dapat membantu dirinya menenangkan diri dan menentamramkannya seperti sedang dipeluk ibunya.
Seorang anak biasanya akan meninggalkan kebiasaan menghisap jari tangannya pada usia empat tahun.Seorang anak yang masih melakukan kebiasaan menghisap jari tangan lebih dari empat tahun di karenakan bentuk pelariannya seperti ketika sedang ketakutan atau ketika sedang dimarahi orang tuanya.Anak anda akan berhenti menghisap jari tangannya apabila pola tidurnya sudah mantap.


Berikut tips menghilangkan kebiasaan menghisap jari tangan pada anak anda,dengan cara:
"Tidak memarahi anak anda karenamemarahinya akan membuatnya kembali menghisap jari tangan di karenakan ketakutan.
Memberikan pengarahan dan pengertian apabila anak anda berbuat salah atau apabila anak anda sedang menghisap jari tangan dengan cara memberitahukan kepadanya bahwa menghisap jari tangan dapat mengganggu pertumbuhan giginya dan memujinya apabila anak anda tidak melakukan kebiasaannya.Lakukanlah cara ini dengan sabar sampai anak anda benar-benar meninggalkan kebiasaan menghisap jari tangan.


Demikianlah dunia ingo dan tips berbagi tips tentang tips menghilangkan kebiasaan menghisap jari tangan anak.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »